Oleh: tim bk man 1 jepara

KONSEP

Layanan BK Peduli merupakan salah satu layanan yang terdapat di MAN 1 Jepara dan berfungsi sebagai wadah yang sistematis, objektif, logis, dan rahasia serta terprogram untuk memfasilitasi perkembangan konseli (siswa) untuk mencapai kemandirian.

TUJUAN    Layanan ini diberikan kepada siswa dengan tujuan agar konseli (siswa) merasa dekat, nyaman, dan aman untuk berkonsultasi kepada TIM BK Peduli tentang segala bentuk keresahan dan kegelisahan yang dihadapi tanpa ada ketakutan dan kekhawatiran terkait kerahasiaan identitas dan case yang dihadapi.

 ASAS LAYANAN •Asas Kesukarelaan (Kesukarelaan dalam mengikuti konseling) •Asas Keterbukaan (bersikap terbuka dalam memberikan keterangan selama proses konseling) •Asas Kerahasiaan (pembicaraan selama konseling bersifat rahasia) •Asas Keterpaduan (Kolaborasi dengan pihak-pihak yang terkait demi perkembangan kemandirian konseli)

 LAYANAN ORIENTASI  Layanan ini diberikan saat siswa petama kali bergabung dengan MAN 1 Jepara. Bertujuan untuk membantu peserta didik beradaptasi dengan lingkungan dan budaya sekolah.

LAYANAN INFORMASI

Layanan ini bertujuan untuk membantu siswa menerima dan mamahami informasi terkait dengan pergaulan, pendidikan lanjut, dan karier.

LAYANAN PENEMPATAN DAN PENYALURAN

Layanan ini merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran minat bakat yang sesuai dengan kemampuan dan keahlian masing-masing

LAYANAN KONSULTASI

Layanan ini bertujuan untuk membantu peserta didik atau pihak lain dalam memperoleh wawasan, pemahaman, dan penanganan yang perlu dilaksananakan dalam menangani kondisi dan kasus tertentu.

LAYANAN KONSELING

Layanan ini merupakan layanan yang memungkinkan peserta didik menemukan dan  mendapatkan penguatan atas keresahan dan kegelisahan yang sedang dihadapi oleh peserta didik terkaait dengan permasalahan di sekolah maupun di pergaulan.

LAYANAN MEDIASI

Layanan ini bertujuan untuk membantu peserta didik menyelesaikan permasalahan ataupun perselisihan dan memperbaiki hubungan antara peserta didik dengan pihak lain.

LAYANAN MUTASI

Layanan ini membantu peserta didik yang ingin melakukan mutasi atau perpindahan terkait dengan perpindahan jurusan, pindah ke sekolah lain, atau pindah masuk ke MAN 1 Jepara.

LAYANAN SOSIAL

Layanan ini merupakan layanan terakhir dari layanan BK peduli yang berfokus pada pemberian peluang bagi peserta didik yang ingin mengajukan permohonan beasiswa Pendidikan bagi siswa kurang mampu.

KONSELING ONLINE

Pandemi Covid-19 tidak menjadi halangan untuk tim BK Peduli dalam memberikan pelayanan meskipun hanya dalam jaringan.

Layanan ini dilaksanakan tim BK peduli untuk tetap memberikan konseling kepada peserta didik yang membutuhkan perhatian khusus saat pembelajaran di masa pandemi

AKPD ONLINE    AKPD adalah akronim dari Angket Kebutuhan Peserta Didik.Angket ini menjadi salah satu sumber utama tim BK peduli untuk memantau perkembangan peserta didik.  APDK ini bisa diakses sendiri oleh peserta didik melalui link:  https://bk.man1jepara.sch.id/angket-kebutuhan-peserta-didik-akpd/

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *