PROSES PENGEMBANGAN KARIR

Pengembangan karir adalah proses yang mengasyikkan. Jalur pengembangan karir Anda adalah kemajuan yang terdiri dari pengalaman kuliah Anda, baik di dalam maupun di luar kelas, yang memungkinkan Anda untuk memutuskan siapa Anda, ingin menjadi siapa, dan karir pilihan apa yang paling sesuai dengan kebutuhan pribadi Anda. Jalan setiap orang adalah individu dan unik. Tidak ada yang “benar atau salah” karena pengembangan karir adalah proses belajar seumur hidup.

Langkah 1:  Penilaian Diri

Penilaian diri adalah langkah pertama dalam proses tersebut. Ini melibatkan mengidentifikasi nilai, minat, keterampilan, dan kepribadian Anda.

Langkah 2: Eksplorasi

Eksplorasi adalah langkah kedua dan melibatkan melakukan penelitian, seperti menggunakan sumber daya perpustakaan karier, untuk mencari tahu tentang karier yang Anda minati. Wawancara informasional adalah cara yang bagus untuk mulai membangun jaringan orang-orang dalam pekerjaan dan industri yang Anda inginkan.

Langkah 3: Pengujian Realitas

Pengujian realitas adalah langkah ketiga dan memberikan kesempatan bagi Anda untuk melakukan pekerjaan bayangan, menemukan magang, atau posisi sukarelawan untuk “menguji keadaan.” Ini juga merupakan kesempatan untuk melakukan wawancara informasional dengan para profesional di tempat kerja.

Langkah 4:  Implementasi

Implementasi adalah langkah terakhir dalam proses. Ini dapat mencakup persiapan untuk wawancara kerja atau melengkapi aplikasi ke sekolah pascasarjana. Proses ini melibatkan latihan wawancara, jaringan, merevisi resume, dan menulis surat lamaran.

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *