Pentingnya sopan santun dalam kehidupan sehari – hari

Sopan santun merupakan unsur penting dalam kehidupan bersosialisasi sehari –hari, karena dengan menunjukkan sikap santunlah, seseorang dapat dihargai dan disenangi dengan keberadaanya sebagai makhluk sosial dimanapun tempat ia berada. Dalam kehidupan bersosialisasi antar sesama manusia, sudah tentu kita memiliki norma –norma dan etika- etika dalam bersosialisi dengan orang lain. Dalam hal ini sopan santun dapat memberikan banyak manfaat atau pengaruh yang baik terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Sikap sopan santun patutlah dilakukan dimana saja tempat kita berada, sesuai dengan kebutuhan lingkungan, tempat, dan waktu karena sopan santun bersifat relative dimana yang dianggap sebagai norma  sopan santun dalam lingkungan rumah, sekolah, kampus, pergaulan, dan sebagainya. Hal tersebut kita lakukan  dimanapun tempat kita berada, kita akan selalu dihormati, dihargai, disenangi keberadaan kita oleh orang lain.

Sopan santun harus diterapkan dimanapun sesuai dengan tuntutan lingkungan tempat kita berada. Contohnya seperti di dalam lingkungan rumah, baik di dalam maupun di luar lingkungan rumah, maka sopan santun yang harus diwujudkan antara lain : Menghormati orang tua, seperti tingkah laku yang baik, berbicara dengan lemah lembut, berkata jujur, tidak melakukan perbuatan yang dapat menyakiti perasaannya seperti suka berbohonh dan tidak mendengar nasehatnya. Menyayangi adik, kakak, saudara, dan seluruh keluarga denagn cara bertutur kata yang baik, tidak berkata kasar dan menjaga hubungan yang harmonis dengan seluruh anggota keluarga. Menghormati para tetangga yang berada disekitar rumah dengan sering bertegur sapa ketika saling bertemu, dan saling tolong menolong disaat sedang ada yang membutuhkan.

Setelah itu, sopan santun didalam lingkungan sekolah dan kampus antara lain: Menjaga tingkah laku, seperti berprilaku baik dan terpuji menghormati guru dan dosen dan mematuhi peratuhan sekolah. Saat ini, kebanyakan orang yang tidak mempunyai sopan santun , seperti melawan orang tua, berkata kasar terhadap orang tua, menyakiti perasaan orang lain, sangat disayangkan karena sikap sopan santun seharusnya ada pada masing- masing individu.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ACEWEBX Live Support